Monday, 8 July 2013

Permainan Pramuka : Koalisi Labil



Kriteria  : 
Fun game

Referensi : 
Silver Bullets

Tujuan   :
  1. Mengembangkan potensi kepemimpinan peserta didik untuk membentuk kelompok yang solid
  2. Mengembangkan kecerdasan peserta didik dalam memecahkan masalah
  3. Meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dalam situasi yang kompetetif
  4. Meningkatkan kemaun kerjasama kelompok.
  5. Meningkatkan kebugaran jasmani

Prosedur     :
  1. Peserta dibagi empat kelompok, dan masing-masing kelompok memegangi ujung tambang untuk bersiap-siap menarik.
  2. Setelah semua siap di ujung tambang masing-masing, fasilitator member penjelasan aturan permainan dilanjutkan memberi kesempatan 2-3 menit untuk berdiskusi tentang strategi yang akan dilakukan.
  3. Fasilitator memegangi ring tepat di tengah arena. Setelah fasilitator memberi aba-aba mulai, fasilitator segera mundur agar tidak menghalang-halangi permainan.
  4. Kelompok yang tertarik masuk ke area "gugur bunga" maka mereka dinyatakan kalah dan tidak bermain lagi pada tahap berikutnya.
  5. Permainan dilanjutkan dengan tiga kelompok, seperti permainan di atas.
  6. Akhirnya permainan hanya diikuti oleh dua kelompok, hingga keluarlah kelompok sebagai pemenang.
  7. Arena permainan di lapangan yang luas, dan di luar area "gugur bunga" yang berbentuk bujur sangkar dengan panjang sisi 20 m (disesuaikan dengan panjang tambang dan jumlah peserta tiap kelompoknya) sebagai pusat permainan. Masing-masing kelompok atau mungkin akan berkoalisi dengan kelompok lain berusaha menarik agar kelompok "lawan" masuk ke area "gugur bunga". Kelompok dinyatakan gugur/kalah jika satu orang atau anggotanya masuk ke area "gugur bunga".
Gambar Denah Permainan :



Observasi & Diskusi
Selama permainan ini berlangsung akan timbul kecenderungan-kecenderungan yang bisa diambil sebagai bahan diskusi, seperti :
  1. Faktor apa yang mendorong sebuah kelompok memilih kelompok lain untuk berkoalisi/bekerjasama untuk memenangkan kompetisi
  2. Bagaimana sebuah kelompok membangun kerjasama tim sehingga menjadi tim yang solid
  3. Bagaimana sebuah insiatif kepemimpinan bisa muncul dalam situasi kelompok yang "krisis" atau kelompok yang sedang menghadapi tantangan berat.
  4. Nilai-nilai apa yang ditemukan selama mengikuti permainan ini selain nilai kerjasama, kekompakan, kegembiraan, semangat perjuangan.

Selamat berlatih, bergembira dan bermakna. Salam Pramuka.

Lihat Entri/Topik Terkait
Permainan sebagai media pendidikan kepramukaan
Taksonomi Bloom
Permainan Pramuka : Ice Breaking "Angin Ribut"
Permainan Pramuka :  Ice Beaking "Robek Kertas"
Permainan Pramuka : Ice Breaking "Sohib Sandi"

Sumber :
Outdoor Games Ala Pramuka, Kwarda DKI, Jakarta 2004 - disesuaikan dan ditulis ulang untuk keperluan "ensiklopedia pramuka"  (-aiw)


No comments:

Post a Comment