NAMA PERMAINAN
RODA KILAT
KATEGORI
Permainan untuk Pramuka Tuna Daksa
TUJUAN
Permainan ini bertujuan untuk menghafalkan Dasa Darma Pramuka.
SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu :
- Menyebutkan isi Dasa Darma
- Melakukan motorik kasar dan motorik halus
- Menggunakan kursi roda dengan terampil
Permainan
PESERTA
Pramuka Penggalang dan Penegak
WAKTU
45 menit, dengan rincian :
- 10 menit Pengantar dan briefing
- 25 menit Proses
- 10 menit Debriefing
Di luar - di dalam ruangan
PERALATAN
- Kertas putih sejumlah Peserta
- Alat tulis
- Meja 1 buah diletakkan ditengah lingkaran
Pengantar dan briefing (10 menit)
- Pembina mengumpulkan peserta dan membentuk lingkaran.
- Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berdoa.
- Pembina mengajak peserta melakukan tepuk Pramuka dan satu macam tepuk lainnya.
- Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut : (1) Setiap peserta membawa selembar kertas dan alat tulis. (2) Setelah mendengar aba-aba, setiap peserta menuliskan Darma kesatu di kertas dan mengayun kursi rodanya ketengah lingkaran untuk meletakkan kertas tersebut dimeja, lalu kembali ke tempat semula. Pembina akan menyembunyikan satu kertas. (3) Setelah mendengar aba-aba, setiap peserta berusaha mengambil kertas di meja dan menuliskan Darma kedua. (4) Permainan dilanjutkan dengan cara yang sama sampai penulisan Darma ke sepuluh. (5) Di setiap penulisan Darma akan terdapat peserta yang tidak mendapatkan kertas/gugur. Pemenang adalah peserta yang dapat menuliskan lengkap isi- Dasa Darma.
- Pembina meminta seluruh kelompok bersiap ditempat dan memberi aba-aba/dengan bunyi peluit tanda permainan dimulai. Aba-aba akan dilakukan disetiap tahapan penulisan isi Dasa Darma.
- Peserta melakukan permainan sesuai aturan selama 25 menit.
- Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya kesalahan dalam permainan.
- Setelah permainan selesai, pembina mengumpulkan seluruh peserta dan mengumumkan pemenangnya.
- Peserta yang telah gugur harus melakukan satu atraksi sebagi hadiah bagi peserta yang berhasil.
- Pembina menanyakan perasaan peserta setelah mengikuti permainan.
- Pembina membimbing peserta untuk mengucapkan isi Dasa Darma secara lengkap dan benar agar peserta hafal.
- Pembina menutup kegiatan dengan bernyanyi dan berdoa bersama.
PENILAIAN
- Ukuran : Proses permainan mencakup ranah emosional, sosial, intelektual, dan aktivitas fisik yang menitikberatkan pada pengembangan intelektual dan fisik.
- Cara : Mengamati proses permainan serta dapat menuliskan dan menyebutkan isi Dasa Darma dengan benar.
CATATAN
- Pembina dapat memodifikasi aturan permainan disesuaikan dengan jumlah dan kondisi peserta.
- Bagi peserta yang mengalami kesulitan menulis dapat dibantu oleh pembina.
Selamat Memandu. Salam Pramuka
Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2011
No comments:
Post a Comment