Sunday, 2 February 2014

Hiking : Mencari Jejak




Jenis
Mencari Jejak


Peserta
Pramuka Penggalang atau Penegak

Tujuan
  • Meningkatkan pengenalan serta didik terhadap lingkungan
  • Menanamkan kecintaan pada lingkungan
  • Meningkatkan sikap gotong royong, kerjasama, kebersamaan dan kekompakan
  • Mengembangkan kompetensi di bidang pengetahuan, sikap dan ketrampilan hidup di alam bebas dengan penuh tanggungjawab.
  • Meningkatkan kebugaran jasmani, kegembiraan, kerjasama dan sikap positip.
  • Menumbuhkan rasa senang para peserta didik terhadap kegiatan kepramukaan umumnya kegiatan di alam bebas/ruang terbuka

Waktu & Jarak Pelaksanaan
Durasi perjalanan 2 - 3 jam, jarak perjalanan kurang lebih 3 Km



Medan & Tanda Jejak
  • Medan perjalanan pastikan tepat sebagai media melatih ketelitiaan dan kepekaan pandangan mata (melihat), ketelitiaan dan kepekaan rasa  (meraba), kepekaan dan ktelitiaan analisis (pikiran/otak), kepakaan dan ketelitian  menjalin kerjasama (sosial) dan kepekaan dan ketelitian melaksanakaan ketrampilan (kinetis)
  • Dalam perjalanan peserta harus mengikuti petunjuk tanda-tanda. Tanda jejak diletakkan secara tersembunyi, oleh sebab itu peserta harus mencari agar tindak  kehilangan jejak. 
  • Setelah menemukan tanda jejak peserta juga harus memecahkan persoalan yang diberikan untuk dijawab dan sebagai panduan menuju tanda jejak berikutnya.
  • Setiap tanda dan jejak yang ditemukan harus bisa "berbicara/menginformasikan " apa maksudnya, bagaimana hubungannya, apa tindakan berikutnya dan mengapa kesimpulannya demikian.
  • Pastikan perjalanan hanya bisa dilanjutkan oleh peserta dengan tepat dan benar jika mampu menyelesaikan tugas yang diberikan pada tiap pos dengan benar.
  • Medan perjalanan dirancang yang beragam, cukup berat dan lambat dengan tanda-tanda jejak yang dipersiapkan cukup banyak dan bervariasi.
  • Sebagai referensi untuk jarak 3 km, berikan kira-kira 30 tanda-tanda jejak untuk dicari dan diikuti oleh kurang lebih 5 regu dengan jumlah anggota regu 5 - 8 orang. 
  • Sebagai referensi lihat entri/tema tanda jejak di :  http://sejarahpramukalengkap.blogspot.com/2012/11/tanda-tanda-jejak.html
 Persiapan Pengelolaan Kegiatan
  • Susun daftar perlengkapan regu dan perlengkapan pribadi yang diperobolehkan dibawa. Perlengkapan harus ringkas, tepat guna dan tidak merepotkan di perjalanan.
  • Persiapkan rute perjalanan dengan baik, siapkan jenis-jenis tanda jejak dan penugasan di tiap pos yang bervariasi dan menantang.
  • Survey rute yang ditetapkan, amati dan catat dengan baik rute perjalanan dengan mengutamakan keselamatan peserta. Catat titik-titik perjalanan yang rawan yang akan dilewati peserta dan susun standar pengamatan dan pengamanannya.
  • Susun tata terbit  dengan sederhana, mudah dipahami dan berdasar kondisi lapangan
  • Siapkan kotak obat standar PPPK.
  • Siapkan saran dan prasarana pendukung dengan baik.

Persiapan  Materi Kegiatan
  • Siapkan materi permainan/pertanyaan di tiap pos baik yang bersumber dari "traditional scouting skill" seperti  menaksir, panorama, kim (meraba), sandi maupun dari "modern scoutings skill" seperti  permainan & kuis : bidang sciens, lingkungan hidup, kesehatan, kepemimpinan, dll.
  • Susunlah skenario kegiatan dalam bentuk cerita, yang didalamnya menggambarkan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh para peserta, dalam rangka apa mereka melakukan tugas dan untuk apa tugas itu dilakukan.
  • Berilah skenario dengan judul-judul yang menarik, asosiatif, motivatif dan menumbuhkan semangat, misalnya :Membebaskan Kawan yang Ditawan Musuh,  Meraih Kemenangan dalam Pertempuran,  Menuju Kemenangan dengan Kerja Keras, dsb.


Pelaksanaan

  • Sebelum diberangkatkan hendaknya peserta dibrifing secara detail, tekankan aspek keselamatan, cara menghadapi bahayas, prosedur meminta pertolongan, prosedur PPPK, dll.
  • Berangkan setiap  regu secara bergiliran dengan interval (jarak waktu) antara regu 15 menit. 
  • Pesankan agar tanda-tanda atau jejak tidak dirusak, dipindah, diubah/diganti oleh regu manapun/sebab cara itu bukan cara ksatria mengalahkan lawan, tetapi cara licik. 
  • Regu harus berkumpul dititik pemberangkatan pada waktu yang ditentukan, selesai atau tidak selesai menyelesaikan tugas.
  • Regu yang dapat menemukan tanda/jejak (serta memecahkan persoalannya dengan benar), mendekati jumlah yang disiapkan dan dapat mengikuti dalam waktu relatif pendek, itu yang menang.

Akhir Kegiatan

  • Setelah semua peserta didik kembali atau sampai di tempat semula di sekolah/gudep, semua diminta mengumpulkan tugas-tugasnya.
  • Kakak Pembina memberikan penilian, sementara itu Pb Pembina mengumpulkan para peserta dan masing-masing regu diberi kesempatan untuk menyampaikana kesan dan pesannya.
  • Hasil penilaian diumumkan dan regu juara diberi hadiah.
  • Kakak Pembina memberikan kesimpulan tentang apa saja manfaat dan nilai-nilai yang bisa dipetik dari perjalanan ini, misalnya : nilai kebersamaan, ketelitian, kesabaran, kekompakan, lingkungan hidup, kesehatan, dll.


Evaluasi

  • Kakak Pembina beserta Pb Pembina  hendaknya melakukan evaluasi di akhir kegiatan untuk pengembangan-pengembangan kegiatan di masa datang, termasuk memperhatikan kritik, saran dan masukan dari para peserta.
  • Acara ini juga bisa dikaitan untuk ujian TKU Siaga sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Salam Pramuka. Selamat Mengembara.

Lihat entry/topik terkait :


Sumber :
  • Idik Sulaeman "Hiking, Petualangan Praktis Bagi Siapapun Yang Akan Melakukannya", Penerbit Aku Suka,  Bandung, 2005.
  • Sumber-sumber lain yang relevan

No comments:

Post a Comment