Friday, 11 October 2013

Permainan Pramuka Berkebutuhan Khusus : Mencari Rembulan/Bulan




NAMA PERMAINAN
MENCARI REMBULAN

KATEGORI
Permainan untuk Pramuka Tuna Daksa

TUJUAN
Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan arah mata angin.

SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu :
  • Menyebutkan 4 arah mata angin utama
  • Melakukan koordinasi anggota tubuh
  • Bekerjasama dalam kelompok
METODE
Permainan

PESERTA
Pramuka Siaga dan Penggalang

WAKTU
45 menit, dengan rincian :
  • 10 menit Pengantar dan briefing
  • 25 menit Proses
  • 0 menit Debriefing
TEMPAT
Di luar - di dalam ruangan

PERALATAN
  • Balon/bola (1 buah) diibaratkan sebagai rembulan
  • Tongkat pramuka 4 buah
  • Kartu huruf bertuliskan huruf-huruf SELATAN, UTARA, BARAT, TIMUR
  • Peluit 1 buah
PELAKSANAAN
  
Pengantar dan briefing (10 menit)
  • Pernbina mengumpulkan peserta dan membentuk angkare.
  • Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berdoa.
  • Pembina mengajak peserta melakukan tepuk Pramuka.
  • Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut : (1)    Pembina membentuk kelompok beranggotakan 4 - 5 orang dan memilih pemimpin kelompok. Setiap kelqmpok akan berlomba mencari bulan dengan menentukan arah mata angin. (2) Pembina menentukan urutan kelompok dengan cara undian. (3) Pembina menentukan 4 sudut arah mata angin secara acak dan meletakkan sebuah tongkat penjuru dengan kartu-kartu huruf yang diletakkan terbalik dalam 1 tumpukan, yang bila disusun akan membentuk satu nama mata angin. (4)    Setiap kelompok memilih tongkat penjuru yang ada dan mengambil satu kartu huruf yang tersedia di dekat tongkat lalu membukanya. (5)    Saat satu kelompok membuka satu kartu huruf dan kelompok lain memperhatikan untuk bersiap memilih tongkat penjuru yang akan dimainkan selanjutnya. (6)    Setelah seluruh kelompok membuka satu kartu, maka kelompok yang mendapatkan giliran pertama bebas memilih dan membuka satu kartu lainnya ditongkat yang dipilihnya sendiri, boleh di tongkat pilihan pertama atau mengganti pilihan tongkat penjuru. Kelompok lainnya melakukan yang sama. (7)    Bila kelompok sudah mengetahui nama mata angin dari sebagian kartu yang sudah terbuka, maka kelompok tersebut dapat mengangkat tongkat penjuru sebagai tanda bisa menebak. Tebakan harus tepat, dibuktikan dengan kartu-kartu yang masih belum terbuka. (8) Pemenang adalah kelompok yang dapat menemukan rembulan (menyebutkan arah mata angin yang ditebaknya dengan benar dan mengambil balon/bola).
Proses (25 menit)
  • Pembina meminta seluruh kelompok bersiap di tempat dan memberi aba-aba/dengan bunyi peluit tanda permainan dimulai.
  • Peserta melakukan permainan sesuai aturan selama 25 menit.
  • Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya kesalahan dalam permainan.
  • Meskipun sudah terdapat kelompok yang menyelesalkan tugas, bila masih ada waktu Pembina tetap melanjutkan permainan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh kelompok untuk menebak arah mata angin yang belum ditemukan.
  • Setelah permainan selesai, pembina mengumpulkan seluruh peserta dan mengumumkan pemenangnya.
Debriefing (10 menit)
  • Pembina menanyakan perasaan peserta setelah mengikuti permainan.
  • Pembina menanyakan manfaat permainan dan memotivasi peserta untuk menerapkan manfaat permainan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pembina menutup kegiatan dengan bernyanyi dan berdoa bersama.
 PENILAIAN
  • Ukuran : Proses permainan mencakup ranah emosional, sosial, intelektual, dan aktivitas fisik, yang menitikberatkan pada ranah fisik, intelektual, dan sosial.
  • Cara : Mengamati proses permainan dan dapat menyebutkan arah-arah mata angin dengan benar.

Selamat Memandu. Salam Pramuka

 Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2011

No comments:

Post a Comment