Tuesday, 1 October 2013

Permainan Pramuka Berkebutuhan Khusus : "Memburu Bola Emas"





NAMA PERMAINAN
MEMBURU BOLA EMAS

KATEGORI
Permainan untuk Pramuka Tuna Daksa


TUJUAN
  • Permainan ini bertujuan untuk melatih penguasaan penggunaan kursi roda dan mengembangkan kerjasama kelompok.
SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu:
  • Menggunakan kursi roda denganterampil
  • Melakukan koordinasi anggota tubuh

METODE
Permainan

PESERTA
Pramuka Penggalang dan Penegak

WAKTU
45 menit, dengan rincian :
  • 10 menit Pengantar dan Briefing
  • 25 menit Proses
  • 10 menit Debriefing

TEMPAT
Di luar - di dalam ruangan

PERALATAN
  • Bola plastik ukuran bola kaki sejumlah kelompok
  • Bola plastik ukuran bebas warna kuning/dibungkus kertas emas 1 buah
  • Keranjang/ember/kotak kardus untuk gawang sejumlah kelompok, diletakkan 2 meter di depan garis finish
  • Tali Pramuka/rafia/kapur secukupnya untuk tanda batas arena/garis start-finish
  • Peluit 1 buah
PELAKSANAAN

Pengantar dan briefing (10 menit)
  • Pembina mengumpulkan peserta dan membentuk barisan angkare.
  • Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri dan berdoa.
  • Pembina mengajak peserta melakukan tepuk Pramuka dan menyanyikan satu lagu Pramuka.
  • Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut: (1)    Pembina membentuk kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang. (2)    Setiap kelompok membuat barisan berbanjar, peserta terdepan berada di garis start dan peserta terakhir di garis finis. (3)    Peserta terakhir harus memindahkan bola ke peserta di depannya, dan peserta yang telah menerima bola memindahkanbola ke peserta di depannya,begitu selanjutnya hingga bolasampai pada peserta digarisfinish, lalu memasukan bola ke gawang, maka anggota kelompok lainnya segera merebut bola emas yang berada di tangan Pembina. (4)    Bila dalam perjalanan bola jatuh, maka permainan harus diulang dari awal. (5)    Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang paling cepat merebut bola emas.
Proses (25 menit)
  • Pembina meminta semua kelompok siap ditempat dan memberi aba-aba/dengan bunyi peluit tanda permainan dimulai.
  • Peserta melakukan permainan sesuai aturan selama 25 menit.
  • Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya kesalahan dalam permainan.
  • Setelah permainan selesai, Pembina mengumpulkan seluruh peserta dan mengumumkan pemenangnya.
  • Bila masih ada waktu, permainan dapat diulang.
Debriefinq (10 menit)
  • Pembina menanyakan perasaan setelah peserta mengikuti permainan.
  • Pembina menanyakan manfaat permainan dan memotivasi peserta untuk menerapkan manfaat permainan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pembina menutup kegiatan dengan bernyanyi dan berdoa bersama.
PENILAIAN
  • Ukuran : Proses permainan mencakup ranah emosional, sosial, intelektual, dan fisik, namun aktivitas gerak dan kerjasama antar peserta lebih menitikberatkan ranah fisik dan sosial.
  • Cara : Mengamati proses permainan sesuai aturan main dan bertanya kepada peserta.

CATATAN
  • Bagi peserta tuna daksa yang tidak menggunakan kursi roda, permainan ini dilakukan dengan cara menjepit bola diantara dua kaki.
  • Pembina dapat mengaitkan permainan ini untuk materi tertentu sesuai SKU dengan cara memberi tanda pada bola dan gawang sesuai materi.
Contoh :
  • Bila ingin mengaitkan dengan Pancasila, maka pada bola diberi gambar lambang sila dan pada gawang diberitulisan isi sila dari Pancasila. Peserta diharuskan memasukkan bola ke gawang bertuliskan sila yang sesuai gambar lambang pada bola.
  • Bila ingin mengaitkan dengan materi gizi, maka pada bola diberi gambar salah satu dari isi kelompok  4 sehat 5 sempurna dan pada gawang diberi tulisan nama kelompok 4 sehat 5 sempurna.
Selamat Memandu. Salam Pramuka


Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2011

No comments:

Post a Comment