Pengantar
Anggaran Rumah Tangga Gerakan  Pramuka, pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa : Metode Kepramukaan merupakan  cara belajar interaktif progresif melalui: 
- Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
- Belajar sambil melakukan;
- Sistem beregu;
- Kegiatan yang menantang dan menarik serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda;
- Kegiatan di alam terbuka;
- Kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan;
- Sistem tanda kecakapan;
- Sistem satuan terpisah untuk putra dan untuk putri;
- Kiasan dasar.
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka pasal 27, ayat 1 & 2 menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah :
- Tanda kecakapan adalah bukti yang diberikan kepada Pramuka yang telah menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan serta telah memiliki keterampilan tertentu.
- Sistem tanda kecakapan bertujuan mendorong dan merangsang para Pramuka agar secara bersungguh-sungguh menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan serta memiliki berbagai keterampilan tertentu.
- Setiap Pramuka wajib berupaya memiliki keterampilan yang berguna bagi kehidupan diri dan baktinya kepada masyarakat.
- Para Pembina harus berupaya semaksimal mungkin agar para peserta didiknya mampu mencapai Penegak Bantara, dengan panduan dan kisi-kisi meteri di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai acuan penyelenggaraan ujian SKU Bantara.
- Proses ujian yang menarik, menyenangkan, memberdayakan kemampuan personal, mengembangkan kreatifitas serta memperhatikan secara mendalam karakter dan perbedaan individual (individual defferences) merupakan kunci sukses didalam mengantarkan para Penegak untuk meraih SKU sebagaimana ketetapan yang berlaku.
| Area    Pengembangan | Standard    Kompetensi | Butir SKU | Pencapaian    SKU | |
| Kompetensi    Akhir | Komptensi    Dasar | |||
| SPIRITUAL | Taat Beriba-dah,Menga-   malkan ajaran agaMa     dan kepercayaan yang diyakininya, serta menghormati  agama     dan kepercayaan orang   lain.                                 | Mampu      mempersiapkan  dan melaksa- nakan kegiatan-kegiatan   yang bernilai spiritual.                 Mampu melaksanakan ibadah sehari-hari   sesuai dengan keyakinannya. | 1.a. Agama Islam 1)          Dapat   menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam. 2)          Mampu   menjelaskan makna Sholat berjamaah dan dapat mendirikan Sholat sunah secara   individu 3)          Mampu   menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam Puasa. 4)          Tahu   tata cara merawat atau mengurus jenazah (Tajhizul Jenazah) 5)          Dapat   membaca doa Ijab Qobul Zakat  6)          Dapat   menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut. | 1)          Dapat   menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam 2)          Dapat   menjelaskan makna yang terkandung dalam Rukun Iman 3)          Dapat   menjelaskan makna yang terkandung dalam Rukun Islam 4)          Dapat   menjelaskan keutamaan sholat berjamaah. 5)           Setiap Saat melakukan Sholat Wajib dan   dilanjutkan dengan Sholat Sunah, 6)          Menyebutkan   minimal 5 jenis sholat sunah dan tata caranya 7)          Dapat   menjelaskan hikmah puasa  8)          Dapat   menjelaskan jenis-jenis puasa (puasa wajib dan puasa sunah) 9)          Dapat   menjelaskan syarat wajib puasa 10)     Dapat   menjelaskan syarat sah puasa 11)     Dapat   menjelaskan rukun puasa 12)     Dapat   menyebutkan HukumMerawat Jenazah 13)     Dapat   menyebutkan Tazhijul Jenazah (Tata Cara Merawat Jenazah) 14)     Dapat   menyebutkan Doa Ijab Qabul Zakat Fitrah  15)     Dapat   menyebutkan dan menjelaskan sebuah hadist. | 
| 1.b. Agama Katholik 1)           Tahu   dan paham makna dan arti Gereja Katolik 2)           Dapat   memimpin doa dan membangun serta membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman   agama di luar Gereja Katolik | Pengisian/ujian   dapat  melalui tokoh agama, guru agama   dan orang tuanya | |||
| 1.c. Agama Protestan Mendalami Hukum Kasih dan mengamalkannya dalam   kehidupan sehari-hari | 1)    Dapat   melaksanakan hukum kasih 2)    Selalu   mengikuti kebaktian dan aktifitas di gerejanya 3)    Memimpin do’a   dalam pertemuan penegak 4)    Menolong   orang lain tanpa pembedaan 5)    Mengikuti   aktifitas kemanusiaan 6)    Membantu   pelayanan sekolah minggu di gerejanya. | |||
| 1.d. Agama Hindu 1)     Dapat   menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia. 2)     Dapat   menjelaskan makna dan hakikat dari tujuan melaksanakan persembahyangan   sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu. 3)     Dapat   menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu  4)     Dapat   menjelaskan makna dan hakekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam   lingkungan  5)     Dapat   mempraktikkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga  6)     Dapat   melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita  7)       Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan   sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan. | Pengisian   melalui tokoh agama, guru agama dan   orang tuanya | |||
| 1.e. Agaa Budha 1)    Saddha Mengungkapkan   Buddha Dharma sebagai salah satu agama 2)    Merumuskan   dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkan-nya  3)    Menjelaskan   sejarah Buddha Gotama  4)    Menjelaskan   Tiratanasebagai pelindung 5)    Menjelaskan   kisah-kisah sejarah penulisan kitab suci tripitaka  | Pengisian   melalui tokoh agama, guru agama dan   orang tuanya | |||
| EMOSIO-NAL | Mampu Menentukan   sikap dan          gaya hidup serta   merencanakan Masa depan                dan pekerjaannya.                 | Mampu      Berkomunikasi    dengan    orang tua dan teman secara santun.  Mampu mengendalikan   emosi danberfikir secara logis  Mampu menyampaikan pendapat  dan menerima   perbedaan pendapat  engan tidak menyinggung perasaan   orang lain | 2. Berani   menyampaikan kritik     dan saran dengan sopan &      santun kepada sesama teman | 1)    Berani   mengemukakan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman 2)    Dapat   mengungkapkan alasan  3)    Dapat memilih   kata-kata yang tidak menyinggung temannya 4)    Tahu waktu   yang tepat untuk menyampaikan kritikan 5)    Dapat membaca   perasaan teman | 
| 3. Dapat   mengikuti jalannya     diskusi dengan baik | 1)    Memahami Tata   tertib berdiskusi 2)    Turut aktif   dalam suatu proses diskusi | |||
| SOSI-AL | Mampu Bekerja   sama dalam tim,berkomunikasi dan                menjaga kelestarian lingkungan   serta memiliki kepedulian   sosial. | Mampu mengenal Kepribadian orang Lain dan  tidak Berprasangka buruk. Mampu memimpin Kelompoknya dan Memberikan  KontribusI terhadap organisasi   sosial lain  Yang dilakukan secaraindividu maupun   kelompok. | 4. Dapat   saling menghormati     dan toleransi dalam bakti     antar umat beragama | 1)     Selalu   mengingatkan anggota lain untuk menunaikan kewajiban agamanya 2)     Tahu cara   bersikap ketika oranglain melakukan kewajiban agamanya | 
| 5. Mengikuti   pertemuan      Ambalan sekurang-      kurangnya 2 kali setiap      bulan | Mengikuti   pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya   2 kali setiap bulan | |||
| 6. Setia   membayar iuran      kepada gugus depan, dengan uang yang   diperoleh dari      usaha sendiri. | Membayar   iuran kepada gugus depan setiap kali   latihan mingguan dengan uang yang diperoleh dari usaha sendiri | |||
| 7. Dapat   berbahasa Indonesia     dengan baik dan benar     dalam pergaulan sehari-har | Selalu   menggunakan bahasa Indonesia   dengan baik dan benar dalam   pergaulan sehari-hari | |||
| 8. Telah   membantu mengelola       kegiatan di Ambalan.   | Aktif dan   terlibat dalam Sangga Kerja kegiatan   ambalan.    | |||
| 9. Telah ikut   aktif kerja bakti di     masyarakat   minimal 2 kalI | Minimal 2   kali mengikuti kegiatan kerja bakti   di lingkungan tempat tinggalnya                                 | |||
| 10.Dapat   menampilkan       kesenian   daerah di depan       umum   minimal satu kali. | Secara   Perorangan maupun bersama teman-temannya   menampilkan salah satu kesenian   daerah                                 | |||
| INTE-LEK-TUAL | Mampu menunjukkan semangat dan   daya kreativitas   yang tinggi dalam mengaplikasikan pengetahuan, teknologi dan keterampilan kepramukaan   yang dimilikinya. | Mampumemilih bidang  pengetahuan yang diminati   untuk menunjangcita- citanya.  Mampu Membuat  kesimpulan,kritik dan saran terhadap hal  yang    dipelajari. Mampu berpartisipasi   aktif dalamkegiatan teknologi   tepat guna. | 11. Mengenal,   mengerti dan        memahami   isi AD & ART       Gerakan   Pramuka | 1)     Dapat menyebutkan          nomor keputusan Presiden tentang Gerakan   pramuka. 2)     Dapat          menyebutkan  Nomor keputusan          Ketua Kwarnastentang ART Gerakan Pramuka             3)     Dapat          menyebutkan  pasal-pasal pokok  tentang    tujuan,  tugas  pokok, prinsip          dasar kepramukaanmetode kepramukaan. | 
| 12. Dapat   menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan dUNIA | 1)     Dapat          menyebutkan  pendiri Kepramukaan dunia,          sejarah Pramuka  dunia    dan  buku-buku  yang dihasilkan          oleh          Baden Powell.                          2)     Dapat          menceritakan masuknya kepramukaan ke   Indonesia. 3)     Dapat menceritakan   perkembangan kepramukaan Indonesia sampai saat ini                          | |||
| 13. Dapat   menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan  tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan. | Dalam suatu   pengembaraan Pembina dapat   memberikan tugas berupa :          1)    Memperkirakan         waktu tanpamelihat jam                          2)    Menjelaskan bagian-Nagian   dari kompas,azimuth dan back azimuth,resection           dan   intersection         3)    Membaca  dan    membuat  tanda jejak   dan     tanda   alam   serta membuat peta perjalanannya    | |||
| 14. Dapat   menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. | Dapat       menyebutkan butir-butir Pancasila dan   menyampaikan contoh- contohnya  dalam    kehidupan  sehari- hari                                                                           | |||
| 15. Dapat   menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB. | 1)     Dapat menjelaskan   ASEAN, Nama sekretaris jenderal            ASEAN, alamat secretariat jenderal ASEAN   serta organisasi di bawah ASEAN 2)     Dapat          menjelaskan PBB, Nama sekjen PBB,   alamat secretariat PBB serta organisasi-organisasi   di     bawah PBB.       | |||
| 16. Dapat   menjelaskan tentang Kewirausahaan | Menjelaskan                dan                telah melakukan salah satu kegiatan Kewirausahaan. | |||
| 17. Dapat   mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat | Dapat       menjelaskan                prosesnya serta    menunjukan hasil daur ulang                | |||
| 18. Dapat   menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan   sehari-hari. | dapat                menggunakan              simpul dan ikatan dalam   kehidupan sehari-hari | |||
| FISIK | mampu  melindungi kesehatan dan   dapat menerimakondisi fisiknya,     memanfaatkannya serta        memiliki sportifitas dan kesadaran hidup   sehat | Mampu menjaga Kebugaran tubuhnya agar tetap   sehat dan primaserta memanfaatkan kemampuan fisiknya. Mampu Menjelaskan perbedaan   perkembangan fisik danpsikologis Antara lelakidan perempuan.                 | 19. Selalu   berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu)   cabang olahraga tim. | 1)    Minimal 1   minggu sekali melakukan olahraga secara teratur. 2)    Melakukan   gerakan renang gaya bebas dengan benar. 3)    Dapat   menjelaskan peraturan permainan satu cabang olahrag  tim           | 
| 20. Dapat   menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan         | Dapat   menjelaskan di depan Ambalannya   tentang perkembangan fisik dan   psikis laki-laki dan perempuan | |||
| 21. Dapat   memimpin baris berbaris dan menjelaskanperaturannya kepada anggota sangganya. | 1)     Dapat   menjelaskan 15 gerakan baris-berbaris di depan anggota sangganya. 2)     Dapat   memimpin baris berbaris | |||
| 22. Dapat   menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang   disebabkan perilakutidak sehat. | 1)     Dapat   menyebutkan sedikitnya 3 penyakit infeksi dan penyebabnya 2)     Dapat   menyebutkan sedikitnya 3 penyakit degeneratif dan penyebabnya 3)     Dapat   menyebutkan sedikitnya 3 penyakit yang disebabkan prilaku tidak sehat | |||
| 23. Ikut   serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut – turut | Aktif dalam   mengikuti kegiatan perkemahan   selama 3 hari berturut- turut | |||
Pola Pembinaan Pramuka Penegak Pandega
Area Pengembangan Pramuka Penegak
Fungsi Pembina Pramuka Penegak
Tanda Kecakapan Pramuka Penegak Pandega
Ambalan Penegak
Struktur Organisasi Ambalan Penegak
Sumber :
Lampiran III : Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 199 Tahun 2011
Tentang Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Penegak
Area Pengembangan Pramuka Penegak
Fungsi Pembina Pramuka Penegak
Tanda Kecakapan Pramuka Penegak Pandega
Ambalan Penegak
Struktur Organisasi Ambalan Penegak
Sumber :
Lampiran III : Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 199 Tahun 2011
Tentang Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Penegak

 
No comments:
Post a Comment