Pengantar
Anggaran Rumah Tangga Gerakan  Pramuka, pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa : Metode Kepramukaan merupakan  cara belajar interaktif progresif melalui: 
- Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
- Belajar sambil melakukan;
- Sistem beregu;
- Kegiatan yang menantang dan menarik serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda;
- Kegiatan di alam terbuka;
- Kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan;
- Sistem tanda kecakapan;
- Sistem satuan terpisah untuk putra dan untuk putri;
- Kiasan dasar.
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka pasal 27, ayat 1 & 2 menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah :
- Tanda kecakapan adalah bukti yang diberikan kepada Pramuka yang telah menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan serta telah memiliki keterampilan tertentu.
- Sistem tanda kecakapan bertujuan mendorong dan merangsang para Pramuka agar secara bersungguh-sungguh menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan serta memiliki berbagai keterampilan tertentu.
- Setiap Pramuka wajib berupaya memiliki keterampilan yang berguna bagi kehidupan diri dan baktinya kepada masyarakat.
- Para Pembina harus berupaya semaksimal mungkin agar para peserta didiknya mampu mencapai Penegak Laksana, dengan panduan dan kisi-kisi meteri di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai acuan penyelenggaraan ujian SKU Laksana.
- Proses ujian yang menarik, menyenangkan, memberdayakan kemampuan personal, mengembangkan kreatifitas serta memperhatikan secara mendalam karakter dan perbedaan individual (individual defferences) merupakan kunci sukses didalam mengantarkan para Penegak untuk meraih SKU sebagaimana ketetapan yang berlaku.
| PENGEM- BANGAN | STANDARD    KOMPETENSI | KOMPETENSI    DASAR | MATERI SKU | PENCAPAIAN    PENGISIAN SKU | 
| SPIRITUAL | Taat   beribadah, mengamalkan ajaran   agama dan kepercayaan yang diyakininya, serta menghormati agama dan kepercayaan   orang lain | Mampu memahami terhadap perbedaan keyakinan   yang dianut   oleh orang   lain. mampu   bersikap konsisten terhadap pelaksanaan   agama yang diyakininya | 1. a.    Agama Islam 1)       Dapat menjelaskan   makna        Rukun dan Rukun Islam di   muka Pasukan Penggalang  atau Ambalan   Penegak 2)       Dapat menjelaskan   rukun sholat dapat mendirikan Sholat sunah 3)       Dapat menjelaskan   Rukun puasa serta Dapat melakukan Salah    satu puasa sunah                             4)       Memahami tata cara   merawat/mengurus jenazah                                       5)       Pernah menjadi Amil   Zakat                                             6)       Dapat                  menghafal Ayat tematik dari   Alquran dan mampu menjelaskannya. . | Dapat menyampai-kan makna Rukun Iman dan Rukun Islam   kepada Pramuka Penggalang atau Pramuka Penegak secara sistematis Dapat menjelaskan hal-hal yang Mem- batalkan sholat Dapat melak- sanakan 3 macam Sholat Sunah                     Dapat menjelaskan hal-hal yang mem- batalkan puasa   dan hikmah puasa telah melaksanakan 5 kali puasa sunah Dapat memprak-tikkan tata cara merawat jenazah Pernah membantu menjadi Amil Zakat di  lingkungan tempat tinggalnya. Dapat menyampai-kan satu ayat dari Alquran dan mampu menjelaskannya. | 
| 4. b Agama Katolik 1)          Memahami  dan mendalami 7 sakramen                               2)          Menghayati dan   dapat  menceritakan riwayat  salahsatu Santo / Santa  3)          Membahas 10   Perintah Allah, dilengkapidengan Contoh kehidupan sehari-hari | Pengisian dapat melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
| 4. c    Agama Protestan  1)          Dapat memberi   kesaksiandidepan jemaat atau teman sebaya.  2)          Dapat   berpartisipasi aktif dalam pelayanan Gereja sesuai bakat dan kemampuannya  3)          Telah   mengikuti pengajaran Agama (Katekisasi) | Dapat bersaksi tentang   pertolongan Tuhan di depan   teman-temannya Menjadi anggota paduan   suara di Gerejanya Membantu pelayanan   kebaktian pemuda di Gerejanya Pernah mengikuti   Katekisasi. | |||
| 4. d  Agama Hindu 1)          Dapat menjelaskan   sejarah  kerajaan /candi–candi  agama Hindu di Indonesia.  2)          Dapat              melafalkan dan  bertindak sebagai     pemimpin persembahyangan Panca Sembah. 3)          Dapat   menjelaskan Samsara / Punarbawa atau reinkarnasi sebagai bentuk untuk   penyempurnaan kelahiran berikutnya.  4)          Dapat   menjelaskan konsep Ajaran Asta Brata  5)          Dapat melakukan   gerakan dan menjelaskan fungsi, serta manfaat dari setiap gerakan Yoga   Asanas.  6)          Dapat melafalkan   dan mengkidungkan lebih dari satu bentuk Dharma Gita  7)          Dapat   menjelaskan bentuk           dan fungsi dari seni        sacral   keagamaan Hindu. | Pengisian melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
| 4.e Agama Budha 1)          Dapat memimpin   dan mengorganisir kebaktian (pagi dan sore) serta perayaan hari-hari   besar  Agama Buddha ( hari Waisak,     Asadha,   Kathina  Maggapuja)  2)          Saddha:   Mendiskripsikan ruang lingkup dan    intisari Tripitaka        3)          Menjelaskan   makna dan manfaat puja serta doa    4)          Mendiskripsikan   sila sebagai          bagian dari jalan   mulia  berunsur delapan 5)          Menjelaskan   kebenaran yang terdapat  dalam   Tripitaka        | Pengisian dapat melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
| EMOSI-ONAL | Mampu menentukan sikap dan   gaya hidup   serta merencanakan masa   depan dan pekerjaannya. | Mampu menyampaikan gagasan   dalam berbagai   bentuk yang   santun. Mampu berempati terhadap   pendapat orang lain | 2.  Dapat                        menerima  kritik dari    orang lain, serta berani menge-luarkan pendapatnya dengan tertib,   sopan dan santun kepada orang-orang di sekitarnya                                                               | ·       Mendengar pendapat orang lain dengan baik ·       Mampu menyampaikan pendapatnya dengan santun tanpa   menyakiti oranglain ·       Memahami tata cara menge- luarkan  penda-pat dengan tertib | 
| 3.   Dapat mengikuti dan atau  memimpin   diskusi Ambalan dan mampu  mengambil   keputusan | ·      Mengetahu tata cara memimpimpin diskusi. ·      Pernah memimpin sebuah diskusi ·      Pernah mengambil keputusan dengan ·      Mempertimbang-kan resiko dari keputusan yang diambil | |||
| SOSIAL | Mampu bekerjasama dalam   tim, berkomunikasi dan   menjaga kelestarian lingkungan serta   memiliki kepedulian sosial. | Mampu memahami perbedaan   strata sosial di masyarakat. Mampu memimpin   dan bekerjasama. Mampu Menjelaskan   prinsip-prinsip hak asasi manusia   beserta contoh konkret. | 4.  Dapat menjadi penengah  (memberi solusi), jika terjadi   ketidaksepahaman dalam kelompoknya                                 | kegiatan ini dilakukan   ketika Musyawarah Penegak atau dalam acara rutin pertemuan penegak lainnya: ·     Menyimak dan menyikapi masalah dengan pikiran jernih. ·     Memberikan pendapat secara santun. ·     Memberikan solusi dan tidak memihak. | 
| 5.    Mengikuti pertemuan  Ambalan                   sekurang-kurangnya 3 kali setiap  bulan                        | Telah mengikuti   pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan dalam kurun waktu 4   bulan | |||
| 6.     Setia  membayar iuran kepada gugus depannya,   dengan uang diperoleh dari usaha sendiri, serta membantu Ambalan dalam  mengelola administrasi keuangan. | ·     Setiap latihan mingguam telah  membayar iuran kepada   Gugus depannya, dengan uang yang seluruhnya atau   sebagian diperolehnya dari usaha sendiri ·     pernah membantu mengelola administrasi keuangan   Ambalan | |||
| 7.  Dapat memimpin rapat  dan    membuat risalah dengan  baik       | Pernah   memimpin sebuah rapat dan menyampaikan sebuah risalah rapat sesuai dengan   tata cara penulisan risalah rapat dalam buku risalah rapat ambalan. | |||
| 8.    Pernah                        memimpin  kegiatan    di tingkat Ambalan                | Pernah memimpin salah   satu kegiatan ambalan yang dilaksanakan minimal di tingkat ambalan sebagai   ketua sangga kerja. | |||
| 9.  Pernah                        memimpin   kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali                                              | Pernah   memimpin kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya minimal 2 kali dan   diikuti oleh anggota masyarakat di lingkungannya. | |||
| 10.Dapat memimpin kelompok dalam  menampilkan    salah satu jenis kesenian daerah | Pernah   memimpin teman-teman  anggota ambalan   dalam menampilkan salah satu kesenian daerah dalam suatu acara perkemahan. | |||
| INTELEK- TUAL | Mampu   menunjukan semangat dan daya kreativitas yang tinggi dalam mengaplikasikan   pengetahuan, teknologi dan ketrampilan kepramukaan yang dimilikinya | Mempu   menambah pengetahuan dan wawasannya. Mampu belajar secara sistematis sesuai   dengan arah cita-citanya. Mampu menceritakan suatu masalah dengan sudut   pandang yang berbeda. Mampu mensosialisasikan teknologi tepat guna yang dapat   dimanfaatkan di masyarakat. | 11. Dapat   menjelasakan AD & ART Gerakan Pramuka kepada Ambalannya. | Telah menyebutkan tujuan, tugas pokok   dan fungsi Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan di depan   anggota Ambalan lainnya | 
| 12.   Dapat menjelaskan di muka umum tentang sejarah kepramukaan Indonesia dan   dunia | Telah menjelasakan di depan   perindukan siaga atau pasukan penggalang tentang sejarah kepramuaan di   Indonesia dan dunia. | |||
| 13.   Dapat melakukan pengembaraan selama 3 hari dan atau mengatur kehidupan   perkemahan selama minimal 3 hari | Telah membuat perencanaan   pengembaraan, membuat surat perijinan, perkiraan kebutuhan logistic selama   pengembaraan disertai dengan melakukan tugas-tugas seperti melapor kepada   aparat kepolisian dari jalur pengembaraan yang dilalui. Telah merencanakan dan   membuat suatu kegiatan perkemahan disertai jadwal kegiatan perkemahan,   perlengkapan perkemahan yang diperlukan dan rencana biayanya. | |||
| 14.   Dapat menjelaskan sejarah, arti, tatacara penggunaan dan kiasan Sang Merah   Putih 15.   Dapat menjelaskan peran Indonesia    dalam organisasi ASEAN & PBB | Dapat menyebutkan isi dari   UU No. 24 tahun 2009 tentang Lambang Negera, Bendera, Bahasa dan Lagu   Kebangsaan. Mampu menjelaskan peranan   Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB. | |||
| 16.   Telah memiliki ketrampilan kewirausahaan yang dapat menghasilkan uang | Pernah melalukan salah satu   usaha secara mandiri maupun besama yang menghasilkan keuntungan berupa uang | |||
| 17. Dapat membuat   salah satu jenis perlatan teknologi tepat guna | Menunjukan salah satu jenis perlatan teknologi tepat   guna hasil kreasi sendiri | |||
| 18. Secara   berkelmpok dapat membuat struktur dari ketrampilan tali-temali dan pioneering   yang dapat digunakan di masyarakat | Melakukan kegiatan tali temali yang dapat dimanfaatkan   oleh masyarakat seperti jembata penyeberangan, gapura, dll. Dilakukan secara   bersama-sama anggota lain atau bersama masyarakat. | |||
| FISIK | 19.   Selalu berolahraga. Dapat melakukan olahraga renang selain gaya bebas dan   menguasai 1 (satu) cabang olahraga lainnya | 1.   Setiap minggu melakukan kegiatan olahraga 2.   Pernah melakukan minimal 1 gaya dalam   olahraga renang selain gaya bebas dengan benar 3.   Pernah melakukan 1 cabang olahraga          lainnya dan tahu aturannya | ||
| 20.   Dapat memahami serta menjelaskan tentang kesehatan reproduksi | Dapat menjelaskan kesehatan   reproduksi kepada  anggota ambalan   lainnya. | |||
| 21. Dapat   mempersiapkan dan melaksanakan upacara umum minimal 3 kali | 1. Telah menyusun persiapan pelaksanaan        upacara   pembukaan dan penutupan        latihan   selama 3 kali 2.    Telah melakukan upacara pembukaan        dan   penutupan latihan minimal 3 kali | |||
| 22.   Dapat menyebutkan penyebab dan cara pencegahan penyakit infeksi, degenerative   dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat | 1.   Dapat menyebutkan sedikitnya 3       penyakit infeksi, penyebab dan cara   mencegahnya 2.   Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit degenerative, penyebab dan       cara mencegahnya 3.   Dapat menyebutkan sedikitnya 3    penyakit yang disebabkan prilaku tidak sehat dan cara mencegahnya | 
Pola Pembinaan Pramuka Penegak Pandega
SKU Penegak Bantara (Panduan Materi & Kisi-kisi)
Area Pengembangan Pramuka Penegak
Fungsi Pembina Pramuka Penegak
Tanda Kecakapan Pramuka Penegak Pandega
Ambalan Penegak
Struktur Organisasi Ambalan Penegak
Sumber :
Lampiran III : Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 199 Tahun 2011
Tentang Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Penegak

 
No comments:
Post a Comment