Kriteria :
Fun game
Referensi :
Silver Bullets
Tujuan :
- Mengembangkan potensi kepemimpinan peserta didik untuk membentuk kelompok yang solid
- Mengembangkan kecerdasan peserta didik dalam memecahkan masalah
- Meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dalam situasi yang kompetetif
- Meningkatkan kemaun kerjasama kelompok.
- Meningkatkan kebugaran jasmani
Prosedur :
- Peserta dibagi empat kelompok, dan masing-masing kelompok memegangi ujung tambang untuk bersiap-siap menarik.
- Setelah semua siap di ujung tambang masing-masing, fasilitator member penjelasan aturan permainan dilanjutkan memberi kesempatan 2-3 menit untuk berdiskusi tentang strategi yang akan dilakukan.
- Fasilitator memegangi ring tepat di tengah arena. Setelah fasilitator memberi aba-aba mulai, fasilitator segera mundur agar tidak menghalang-halangi permainan.
- Kelompok yang tertarik masuk ke area "gugur bunga" maka mereka dinyatakan kalah dan tidak bermain lagi pada tahap berikutnya.
- Permainan dilanjutkan dengan tiga kelompok, seperti permainan di atas.
- Akhirnya permainan hanya diikuti oleh dua kelompok, hingga keluarlah kelompok sebagai pemenang.
- Arena permainan di lapangan yang luas, dan di luar area "gugur bunga" yang berbentuk bujur sangkar dengan panjang sisi 20 m (disesuaikan dengan panjang tambang dan jumlah peserta tiap kelompoknya) sebagai pusat permainan. Masing-masing kelompok atau mungkin akan berkoalisi dengan kelompok lain berusaha menarik agar kelompok "lawan" masuk ke area "gugur bunga". Kelompok dinyatakan gugur/kalah jika satu orang atau anggotanya masuk ke area "gugur bunga".
Observasi & Diskusi
Selama permainan ini berlangsung akan timbul kecenderungan-kecenderungan yang bisa diambil sebagai bahan diskusi, seperti :
- Faktor apa yang mendorong sebuah kelompok memilih kelompok lain untuk berkoalisi/bekerjasama untuk memenangkan kompetisi
- Bagaimana sebuah kelompok membangun kerjasama tim sehingga menjadi tim yang solid
- Bagaimana sebuah insiatif kepemimpinan bisa muncul dalam situasi kelompok yang "krisis" atau kelompok yang sedang menghadapi tantangan berat.
- Nilai-nilai apa yang ditemukan selama mengikuti permainan ini selain nilai kerjasama, kekompakan, kegembiraan, semangat perjuangan.
Selamat berlatih, bergembira dan bermakna. Salam Pramuka.
Lihat Entri/Topik Terkait
Permainan sebagai media pendidikan kepramukaan
Taksonomi Bloom
Permainan Pramuka : Ice Breaking "Angin Ribut"
Permainan Pramuka : Ice Beaking "Robek Kertas"
Permainan Pramuka : Ice Breaking "Sohib Sandi"
Sumber :
Outdoor Games Ala Pramuka, Kwarda DKI, Jakarta 2004 - disesuaikan dan ditulis ulang untuk keperluan "ensiklopedia pramuka" (-aiw)
No comments:
Post a Comment