Pengantar :
Indikator Pencapaian SKU Siaga Mula, merupakan formulasi  yang mengintegrasikan antara areal pengembangan pramuka siaga, kompetensi dasar, standar kompetensi, materi SKU dan pencapaian pengisian SKU. Formulasi ini menjadi salah satu rujukan utama  para Pembina Pramuka Siaga didalam merancang agenda latihan rutin untuk mencapai tujuan pembinaan dan pendidikan Pramuka Siaga khususnya dan mecapai tujuan pendidikan Gerakan Pramuka pada umumnya.
Indikator : Pencapaian SKU Siaga Mula
| Areal Pengembangan | Kompetensi Dasar | Standar Kompetensi | Materi SKU | Pencapaian Pengisiann SKU | 
| SPIRITUAL | Mengenal   aturan agama yang dianutnya dan mengenal agama serta budaya lain | Melakanakan aturan-aturan di lingkungan-nya dengan benar dan   melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, berperilaku jujur   serta setiap hari berbuat kebaikan | 1. a. Islam 
 | Untuk pengisian   pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin   Umat dari golongan agamanya masing-masing. | 
|  b. Katolik 
    c.   Protestan 
 | Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari golongan agamanya masing-masing. Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari golongan agamanya masing-masing. | |||
| d.  Hindu 
 | Untuk pengisian   pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin   Umat dari golongan agamanya masing-masing. | |||
| e.  Buddha 
 | Untuk pengisian   pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin   Umat dari golongan agamanya masing-masing. | |||
| EMISIONAL  | Mengenal   dwisatya dan dwidarma  | Mengenal, menyikapi, mengekspresikan    dan mengapresiasi nilai-nilai kepramukaan, keindahan dan harmoni yang   dicerminkan dengan perubahan sikap dan perilaku.  | 2. Dapat   menghafal Dwisatya dan Dwidarma | 
 | 
| 3.    Dapat menyebutkan jenis-jenis Salam   Pramuka. | 
 | |||
| 4. Telah memiliki buku tabungan, sekurang -   kurangnya dalam waktu 6 minggu terakhir. | 
 | |||
| 5. Setia membayar uang iuran kepada   gugusdepannya, sedapat-dapatnya dengan uang yang diperoleh dari usahanya   sendiri. | 
 | |||
| 6. Dapat   menyebutkan lambang Gerakan Pramuka dan Penciptanya | 
 | |||
| 7. Dapat   menyebutkan  salah satu seni budaya di   daerah tempat tinggalnya | 
 | |||
| 8. Selalu   bersikap hemat dan cermat dengan segala miliknya | 
 | |||
| 9. Dapat   menyebutkan identitas diri dan Keluarganya | 
 | |||
| 10. Dapat   membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk | 
 | |||
| SOSIAL | Mengenal anggota keluarga, teman satu barung, teman satu perindukan | Taat pada aturan keluarga,  perindukan dan sekolah, serta   lingkungannya, menghormati sesama serta mengetahui wawasan kebangsaan . | 11. Rajin dan   giat mengikuti latihan Perindukan Siaga, sekurang-kurangnya 6 kali latihan   berturut-turut | |
| 12. Dapat dengan hafal menyanyikan Lagu   Kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di depan perindukannya.. | ||||
| 13. Dapat menyebutkan   arti kiasan warna Sang Merah Putih | ||||
| 14. Dapat menyebutkan   sedikitnya 3 hari besar nasional dan 3 hari besar keagamaan | ||||
| 15. Dapat menyebutkan 5 peraturan keluarga | ||||
| 16. Dapat menyebutkan 3   peraturan di lingkungannya | ||||
| 17. Dapat menyebutkan 2   macam adat/budaya di lingkungannya | ||||
| 18. Dapat menyampaikan   ucapan dengan baik dan sopan serta hormat kepada orangtua, sesama teman dan   orang lain | ||||
| INTELEKTUAL | Dapat mengenal pengetahuan, teknologi sederhana dan ketrampilan   kepramukaan.  | Mengenal, menyikapi dan mengapresiasikan  pengetahuan dan teknologi, membiasakan   berfikir dan berprilaku yang kritis,dan kreatif.  . | 19. Dapat menyebutkan nama dan   alamat Ketua RT, Ketua RW, Lurah dan Camat di sekitar tempat tinggalnya | |
| 20. Dapat   menyebutkan sila-sila Pancasila | ||||
| 21. Dapat mengumpulkan keterangan untuk   memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan dan dapat menginformasikan kepada   orang dewasa disekitarnya. | ||||
| 22.  Dapat   membaca jam digital dan analog | ||||
| 23.   Dapat menunjukan 4 arah mata angin | ||||
| 24. Dapat berbahasa Indonesia dalam   mengikuti pertemuan-pertemuan Siaga | ||||
| 25. Dapat   menyebutkan sedikitnya 2 macam alat komunikasi tradisional dan modern | ||||
| FISIK | Mengenal : organ tubuh,  gerakan   dasar olah raga,  kebersihan dan   kesehatan,  | Meningkatkan potensi fisik (melakukan olah raga), dan menanamkan   sportivitas serta kesadaran hidup sehat. .  . | 26.     Dapat menyebutkan  organ tubuh     | 
 | 
| 27.    Dapat menyebutkan  gerakan dasar olah raga | 
 | |||
| 8.    Dapat melipat selimut dan merapikan tempat   tidurnya | 
 | |||
| 29.    Selalu berpakaian rapih dan memelihara kebersihan   pribadi | 
 | |||
| 30.    Dapat menjalankan latihan-latihan   keseimbangan, dapat melempar dan menerima bola dengan tangan kanan dan kiri   sedikitnya 5 kali tangkapan. | 
 | |||
| 31. Dapat menyebutkan makanan dan minuman   yang bergizi (4 sehat 5 sempurna). | 
 | |||
| 32. Dapat memelihara sedikitnya satu macam   tanaman berguna, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 1 bulan | 
 | |||
| 33. Dapat melipat kertas yang dibentuk   menyerupai pesawat, kapal, flora dan fauna | 
 | |||
| 34. Dapat membuat simpul mati, simpul hidup, simpul anyam,simpul   pangkal dan simpul jangkar. | 
 | 
SKU Siaga Mula, Area Pengembagan Pramuka Siaga, Pembina Siaga (Peran dan Fungsinya), Cara Menilai & Menguji Syarat Kecakapan Pramuka Siaga, Perindukan Siaga.
Sumber :
Buku, Panduan Penyelesain SKU Siaga, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta 2011.

 
No comments:
Post a Comment