Pengantar
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa : Metode Kepramukaan merupakan cara belajar interaktif progresif melalui: 
- Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
- Belajar sambil melakukan;
- Sistem beregu;
- Kegiatan yang menantang dan menarik serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda;
- Kegiatan di alam terbuka;
- Kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan;
- Sistem tanda kecakapan;
- Sistem satuan terpisah untuk putra dan untuk putri;
- Kiasan dasar.
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka pasall 27, ayat 1 & 2 menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah :
- Tanda kecakapan adalah bukti yang diberikan kepada Pramuka yang telah menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan serta telah memiliki keterampilan tertentu.
- Sistem tanda kecakapan bertujuan mendorong dan merangsang para Pramuka agar secara bersungguh-sungguh menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan serta memiliki berbagai keterampilan tertentu.
- Setiap Pramuka wajib berupaya memiliki keterampilan yang berguna bagi kehidupan diri dan baktinya kepada masyarakat.
- SKU atau sayarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang terdiri dari tingkat ramu, rakit, terap. Para Pembina harus berupaya semaksimal mungkin agar para peserta didiknya mampu mencapai ketiga tingkatan tersebut. Panduan dan Kisi-kisi di bawah ini adalah acuan implementasi SKU Penggalang Rakit.
- Proses ujian yang menarik, menyenangkan, memberdayakan kemampuan personal, mengembangkan kreatifitas serta memperhatikan secara mendalam karakter dan perbedaan individual (individual defferences) merupakan kunci sukses didalam mengantarkan para Penggalang untuk meraih SKU sebagaimana ketetapan yang berlaku.
Panduan & Kisi-kisi SKU Penggalang Rakit.
| PENGEM- BANGAN | STANDARD KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI SKU | PENCAPAIAN PENGISIAN SKU | 
| SPIRITUAL | Taat beribadah sesuai agama dan kepercaya-annya dan   mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa adanya diskriminasi. | Meningkatkan keimanannya dan berperan aktif dalam kegiatan   keagamaannya serta menerima adanya perbedaan   keyakinan. | 1. Mengikuti   acara-acara keagamaan sesuai dengan agamanya. | Ikutserta pada acara-acara keagamaan yang dianutnya | 
| 2. Membuat   laporan singkat kegiatan keagamaan yang diikutinya           | Dapat membuat   laporan singkat tentang kegiatan keagamaan yang diikutinya | |||
| 3. Dapat   menjelaskan  bentuk toleransi beragama   antar umat beragama dilingkungannya | Dapat menceriterakan tentang bentuk toleransi beragama dan antar umat beragama dilingkungannya | |||
| 4. a.  Agama Islam 1)Dapat membaca, menyebutkan   dan menghafal serta memimpin 8 doa harian secara baik dan benar dihadapan   regunya. 2)Dapat menceriterakan   sejarah Nabi Muhammad SAW 3)Selalu melaksanakan Shalat   wajib dan sholat Jum’at bagi putera | ||||
| 4. b Agama Katolik 1)Mengetahui siapa Kristus  2)Dapat berdoa dengan   kata-katanya sendiri 3)Dapat menyanyikan lagu-lagu   Gerejani | ||||
| 4. c  Agama Protestan 1)Mengetahui makna doa 2)Dapat menguraikan beberapa nyanyian   Gerejani yang dikenal  3)Mengetahui pembagian Alkitab     4)Dapat menguraikan secara singkat  isi dari dua buku di dalam      Perjanjian   Baru. | a. Dapat   menceriterakan makna Doa di depan regunya            b.Dapat menceriterakanisi   beberapa nyanyian Gereja               c. Dapat   menceriterakan pembagian Alkitab didepan regunya          d.Dapat menguraikan secara   singkat isi dari dua buku di dalam Perjanjian Baru              | |||
| 4. d    Agama Hindu 1) Dapat   melafalkan dan memahami arti bait-bait Puja Tri Sandya serta menjalankannya   dalam kehidupan sehari-harii  2) Dapat   berperan aktif dalam setiap upacara/pelaksanaan Panca Yadnya di masyarakat  3) Dapat   menyebutkan dan memahami ajaran Catur Paramita  4) Dapat   memahami dan mempraktikan ajaran Tatwamsi seperti menerapkan sikap kasih   sayang dalam kehidupan nyata, menolong mahluk yang lemah, membantu yang   terkena musibah, melestarikan suaka marga satwa dan menjaga lingkungan  5) Mempraktikan   sikap hidup suka beramal/ berdana punia  6) Dapat   melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita  7) Dapat   mempraktikkan minimal tiga gerakan Yoga Asanas  8) Dapat   menarikan salah satu bentuk tarian sakral keagamaan Hindu (misalnya: Tari   Baris, Tari Rejang, Tari Wayang Orang dan lain-lain. | ||||
| 4.e Agama Budha 1)Dapat melakukan kebaktian   baik perorangan maupun bersama-sama 2)Dapat menyebutkan hari-hari   raya Agama Buddha 3)Dapat melakukan sikap   meditasi - Dapat menyanyikan lagu Aku Berlindung. 4)Dapat melakukan dana   paramita | ||||
| EMOSIONAL | Dapat menge-lola emosi dan perasaannya untuk kesta-bilan dirinya Mampu Menerima dan mendorong oranglain untuk menaati   norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masyarakat lingkungannya. | Dapat mengendalikan emosi dan   menghar-gai perasaaan orang lain. Melaksanakan norma-norma dan   nilai-nilai, yang berada di masyarakat lingkungannya. | 6. Dapat melaksanakan dan   memimpin diskusi regu | Pernah memimpin   diskusi di regunya | 
| 7. Dapat enyebutkan ciri-ciri   mengen-dalikan Emosi diri | dapat enyebutkan   ciri-ciri mengendalikan Emosi di | |||
| 8. Melakukan kegiatan penghijauan   di lingkungannya atau didaerah lainnya serta telah menanam dan merawat   tanaman penghijauan. | Pernah mengikuti kegiatan penghijauan di lingkungan/ daerahnya dan merawatnya | |||
| SOSIAL | Mampu menerima dan mendorong orang lain untuk menaati   norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masya rakat lingkung- anya. | Melaksanakan norma- norma dan nilai-nilai, yang berada di masyarakat lingkungan nya. | 9. Dapat menjelaskan tentang hak   perlindungan anak. | Pernah  menceriterakan tentang hak perlindungan anak didepan   regunya | 
| 10.Ikut serta dalam kegiatan Lomba   Tingkat dan lomba-lomba Pramuka Penggalang, di Gugus depan dan kwartir | a. Pernah   mengikuti kegiatan Lomba Tingkat. b.Pernah mengikuti lomba-   lomba regu penggalang yang  di   selenggarakan oleh gudep dan kwartir | |||
| 11.Dapat menyebutkan tanda pengenal   pada pakaian seragam | Dapat menyebutkan tanda pengenal yang ada pada pakaian seragam pramuka dengan benar | |||
| 12. Dapat membuat struktur   Pemerin-tahan dari tingkat Kelurahan hingga RT di tempat tinggalnya | Dapat membuat bagan struktur organisasi tingkat kelurahan sampai RT ditempat tinggalnya | |||
| 13. Dapat menjelaskan nilai-nilai   yang terkandung dalam Satya dan Darma Pramuka Penggalang | Dapat menyebutkan Tri Satya golongan Penggalang | |||
| 14. Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan   Penggalang sekurang-kurangnya 10 kali latihan berturut-turut | Dapat menunjukkan presensi kehadiran   selama 10 kali latian berturut-turut | |||
| 15.Dapat menjelaskan dan melaksanakan   cara memberi salam pramuka. | a.      Pernah menjelaskan tentang salam Pramuka kepada   regunya b.      Dapat melaksanakan salam Pramuka kepada orang   yang lebih tua dan teman sebayanya | |||
| 16.Dapat menjelaskan sejarah bendera   merah putih dan perlakuannya (Memahami UU No. 24 Tahun 2009) | Pernah menjelaskan sejarah bendera merah putih dan perlakuannya dipasukan | |||
| 17.Dapat menjelaskan sejarah   Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan perlakuannya (Memahami UU No. 24 Tahun   2009). | Pernah menjelaskan sejarah lagu   Kebangsaan Indonesia Raya didepan pasukannya | |||
| 18.Dapat menjelaskan lambang   Negara dan perlakuannya. (Memahami UU No. 24 Tahun 2009) | Pernah menjelaskan tentang lambang   Negara RI, kepada  teman dipasukannya dan teman  sebaya lainnya | |||
| 19.Selalu berbicara dengan   menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.  | Selalu berbahasa Indonesia yang baik   dan benar dalam pertemu-an- pertemuan  Penggalang | |||
| 21.Dapat membuat laporan secara   tertulis dari hasil pertemuan yang diikutinya | Dapat membuat laporan tertulis dari hasil pertemuan yang diikutinya | |||
| 20.Memiliki tabungan atas nama pribadi.   Aktif menabung secara rutin dengan menunjukkan keaktifannya menabung di   regunya. | Memiliki buku tabungan danaktif   menabung dan setia membayar uang iuran regunya dari hasil pendapatannya sendiri | |||
| INTELEK- TUAL | Mampu Menganalisis situasi dan menyikapi nya serta mengaplika sikan iptek, dan keterampilan kepramuka an secara kreatif dan inovatif. | Dapat menjelaskan perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan, serta memanfaat-kannya. | 21.Dapat mengope-rasikan dan merawat salah satu teknologi   informasi. | Dapat menggunakan dan merawat peralatan berkatagori modern (IT) Contoh : Penggunaan Telpon,   seluler, penggu-naan computer. | 
| 22.Dapat mengolah sampah serta   mmempraktikkan cara pengolahan-nya secara komposting | a.      Dapat memilah golongan sampah basah dan   kering. b.     Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah   di rumah tangga c.      Dapat melakukan pengolahan secara komposting | |||
| 23.Dapat melakukan proses   penjernihan air secara seder-hana. | Dapat melakukan proses penjernihan air secara sederhana | |||
| 24. Dapat membuat beberapa jenis   pioneering, seperti: rak piring, meja makan, tiang jemuran, menara kaki tiga | a.      Dapat membuat rak piring dengan menggunakan   simpul dan ikatan yang benar b.      Dapat membuat meja makan dengan menggunakan   simpul dan ikatan yang benar c.       Dapat membuat tiang jemuran dan menara kaki   tiga dengan d.      menggunakan simpul dan ikatan yang benar | |||
| 25.Dapat menggunakan kompas dan   membuat Peta Pita, manaksir kecepatan arus dan kedalaman | a.      Dapat menunjukkan 16 arah mata angin dengan menggunakan   kompas b.      Dapat membuat peta pita dengan bantuan kompas. c.       Dpat menaksir kecepatan arus  air dan kedalaman sungai | |||
| 26.Dapat membuat dan menerje-mahkan   sandi, menerima berita dengan menggu-nakan bahasa morse dan semaphore | a.     Pernah membuat dan menerjemahkan sandi-sandi.  b.     Dapat menerima berita dengan menggunakan   bahasa morse dan semaphore | |||
| FISIK | Melakukan Kegiatan memelihara  pertumbuhan dan perkembangan tubuh (fisik dan psikis), menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara teratur dengan baik. | Melakukan kegiatan  memelihara pertumbuhan dan perkembangan   tubuh (fisik dan psikis), menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan secara   teratur dan baik.                 | 28. Selalu berpakaian rapih di   setiap saat dan memelihara kesehatan dan kebersihan diri di lingkungannya. | a.      Selalu    enggunakan seragam PRamuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan   peraturannya b.     Pernah memelihara kesehatan dan Kebersi-han   lingkungannya  c.      Selalu menjaga kebersi-han dan kesehatan diri | 
| 29.Dapat memimpin regunya untuk baris   berbaris | a.      Dapat memberi aba-aba ditempat dengan baik dan   benar: a) siap, b) istirahat ditempat, c)hadap kanan, d)hadap kiri, e) balik   kanan, f) lencang depan, g) lencang kanan b.     Dapat memberi aba-aba dan melakukan gerakan   maju jalan c.      Tahu dan dapat memberi aba- aba serta   melaku-kan baris-berbaris dengan tongkat | |||
| 30.Tahu peraturan permainan 3   cabang olahraga yang dipilihnya dan dapat melakukan salah satu yang   dipilihnya | Dapat melaksanakan olahraga beregu dan melakukan 3   jenis cabang olah raga serta tahu permainannya; salah satunya Olah raga   enang. | |||
| 31.Mengetahui ciri-ciri   perubahan fisik tubuh pada dirinya dan faham akan norma-norma pergaulan. | Dapat menjelaskan adanya perbedaan perkembangan   fisik tubuh | |||
| 32.Dapat Menunjuk-kan jadwal   Kegiatan fisik dan gerakan tubuh yang dilakukan setiap hari | Melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 45   menit | |||
Lihat entri/topik terkait :
Syarat Kecakapan Umum Penggalang Rakit
Cara Menguji Tanda Kecakapan Gerakan Pramuka
Sumber :
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA, No: 199 TAHUN 2011 TENTANG PANDUAN PENYELESAIAN SYARAT KECAKAPAN UMUM

 
No comments:
Post a Comment