Pengantar
SKU sebagai alat pendidikan didalamnya pada dasarnya mencakup aspek area pengembangan, kompetensi dan materi sebagai bagian untuk mencapai tujuan pendidikan Gerakan Pramuka. SKU sebagai sebuah acuan pendidikan kepramukaan atau kurikulum pendidikan dalam implementasinya membutuhkan peran dan tanggungjawab pembina yang sangat besar. Oleh sebab itu para pembina dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif dan edukatif dalam membimbing dan menguji para peserta didik sesuai dengan acuan yang ditetapkan.
SKU sebagai alat pendidikan didalamnya pada dasarnya mencakup aspek area pengembangan, kompetensi dan materi sebagai bagian untuk mencapai tujuan pendidikan Gerakan Pramuka. SKU sebagai sebuah acuan pendidikan kepramukaan atau kurikulum pendidikan dalam implementasinya membutuhkan peran dan tanggungjawab pembina yang sangat besar. Oleh sebab itu para pembina dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif dan edukatif dalam membimbing dan menguji para peserta didik sesuai dengan acuan yang ditetapkan.
Acuan materi SKU Penggalang Ramu, adalah sbb :
| PENGEM- BANGAN | STANDARD KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI SKU | PENCAPAIAN PENGISIAN SKU | 
| SPIRI- TUAL | Taat beribadah sesuai agama dan kepercaya-annya dan   mampu hidup rukun dalam keberagaman tanpa adanya diskriminasi. | Dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan   kepercayaan atas kemauan sendiri dan mengetahui   adanya perbedaan keyakinan | 1.  Selalu taat   menjalan-kan ibadah agamanya secara pribadi atau-pun berjamaah | a.       Pemberian   penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/ puterinya   menjalankan ibadah di rumah  b.      Tahu sebutan   nama pe-mimpin umat dari setiap golongan agama | 
| 2.  Dapat   mengetahui dan menjelaskan hari - hari besar agama di Indonesia. | a.       Menyebutkan   Hari libur Nasional ke-agamaan di Indonesia, sesuai golongan agamanya  b.      Menyebutkan   Hari keaga-maan nasional di Indo- nesia, sesuai golongan agamanya | |||
| 3.   Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat   ibadahnya. | a.       Dapat   menggambarkan lambang/ikon dari setiap agama di Indonesia  b.      Dapat   menyebutkan waktu pelaksanaan ibadah dari masing- masing golongan agama | |||
| 4.   a.  Agama Islam 2) Dapat melakukan sholat berjamaah; 3) Dapat menghafal 5 (lima) macam doa harian dan hafal 5 (lima) surat -surat pendek. | Untuk pengisian pen-capaian mata SKU Keagamaan ini, Diusul-kan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari golongan agamanya masing-masing.  | |||
| 4. b   Agama Katolik 2) Mengikuti Perayaan Ekaristi hari minggu dan menjadi putera/ puteri altar ; 3) Dapat menyanyikan tiga buah lagu gerejani; | ||||
| 4.   c  Agama Protestan 1)  Dapat   menyanyikan beberapa nyanyian Gereja; 2)  Dapat   menceritakan dua hikayat dari Alkitab; 3)  Dapat melakukan   doa sederhana pada kesempatan tertentu; 4)  Dapat   menyebutkan hari-hari Raya Kristiani. | a.      Dapat   menyanyikan 3 buah lagu Gereja di depan regunya b.      apat   menceritakan duahikayat dari Alkitab, 1 dalam Alkitab perjanjian baru dan 1   perjanjian lama c.      Dapat berdoa   secara sederhana di depan regunya d.      Dapat   menyebutkan hari-hari Kristiani | |||
| 4.   d  Agama Hindu 1)  Dapat   melafalkan dan mengerti arti dari bait masing masing mantram puja Tri Sandhya   dan melaksanakannya / praktik dalam kehi-dupan sehari hari. 2)  Dapat   menyebutkan nama-nama para Maha Rsi penerima Wahyu. 3)  Dapat   menyebutkan nama-nama pura dalam cakupan Sad Kahyangan; 4)  Dapat   menyebutkan tokoh-tokoh dalam epos cerita Mahabha-rata dan Ramayana; 5)  Dapat   menguraikan arti dan makna kata Tatwamasi. 6)  Dapat   menguraikan dan menjelaskan fase kehidupan dalam ajaran Catur Asrama. 7)  Dapat   mempraktikkan lebih dari satu gerakan Yoga Asanas | ||||
| 4.e   Agama Budha 1)         Dapat men-jelaskan   arti/mak-na symbol yang terdapat di Altar Bud-dha;  2)         Dapat menyanyi-   kan lagu Panca-sila Buddhis;  3)         Dapat melakukan   dana paramita | ||||
| EMOSI-ONAL | Dapat   mengelola emosi   dan perasaan nya   untuk kestabilan   dirinya dan dapat mengelola emosi | Mengenal   dan menerima berbagai   perasaan serta emosi   dan mengenal dan menerima emosi | 5.   Dapat Menjelaskan tentang Emosi | a.       Dapat   menjelaskan macam-macam Emosi di depan regunya b.      Dapat   menjelaskan penyebab emosi didepan regunya c.       Dapat memahami   pendapat orang lain dalam pertemuan regu | 
| 6. Dapat   menyampa-ikan pendapat dengan baik dalam suatu pertemuan Pasukan Penggalang. | Dapat menyampaikan  pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan pasukan | |||
| SOSIAL | Mampu   menerima dan mendorong   orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masya rakat   lingkung- anya. | Menerima   dan mematuhi peraturan yang di ciptakan   masyarakat dengan   rasa tanggung jawab. | 7. Dapat   mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghi-jauan | a.      Dapat   menyebutkan minimal 5 manfaat penghijauan b.      Dapat   menyebutkan fungsi dan manfaat dari Pohon dan tetumbuhan | 
| 8. Dapat   mengetahui dan memahami tentang hak perlin-dungan anak. | Telah   mengetahui dan memahami   tentang hak  perlindungan   anak | |||
| 9. Ikut   serta dalam kegiatan erkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan   standar perkemahan | a.      Dapat   menunjukan bukti fisik ikut serta perkemahan di gugus depannya atau kwartir b.      Membuat laporan   mengikuti perkemahan | |||
| 10. Dapat   menyebutkan tanda- tanda penge-nal Gerakan Pramu-ka sesuai dengan golongan   dan tingkatannya | a.      Dapat   menyebutkan tanda-tanda pengenal umum dalam Gerak- an Pramuka b.      Dapat   menunjukkan penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka sesuai   golongannya | |||
| 11. Mengetahui   nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di   tempat tinggalnya. | a.      Dapat menyebut   nama dan alamat tinggal pejabat RT hingga Lurah yang dibuktikan dengan tanda   tangan dan stempel b.      Dapat   menyebutkan tokoh masyarakat ditempat tinggalnya | |||
| 12. Dapat   mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang | a.       Dapat   menuliskan Tri Satya golongan Penggalang pada secarik kertas.  b.      Dapat   menunjukkan sikap yang benar pada saat pengucapan Tri Satya c.       Dapat   menuliskan Dasa Darma Pramuka pada secarik kertas | |||
| 13.Rajin   dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali   latihan berturut-turut | Rajin dan   giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan   berturut-turut | |||
| 14.Tahu   tentang : a.  Salam Pramuka b.  Motto c. arti Lambang Gerakan   Pramuka. | a.       Dapat   menyebutkan: kepada siapa saja pemberian Salam/hormat Pramuka b.      Dapat menyebutkan   Motto Gerak c.       Tahu Pencipta   Lambang Gerakan Pramukaan Pramuka | |||
| 15.   Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera   merah putih | a.      Tahu   macam-macam ukuran dan penempatan kegunaan bendera merah putih b.      Tahu cara   menaikkan danMenurunkan bendera 1/2tiang c.      Tahu waktu   pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih d.      Tahu kapan   pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan. | |||
| 16.   Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap   yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara | a.       Dapat   menuliskan Lagu Indonesia Raya bait 1 pada selembar kertas b.      Tahu pencipta   Lagu Indonesia Raya dan tahun ciptaanya c.       Pernah   menyanyikan Lagu Indonesia Raya di depan Pasukan Penggalang pada waktu Upacara   Bendera d.      Dapat   menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara | |||
| 17.   Dapat menjelaskan tentang lambing Negara RI | a.      Dapat   menyebutkan dimana saja penggunaan lambing Indonesia b.      Tahu   lambang-lambang 5 (lima) dasar Pancasila c.      Tahu penempatan   lambang- lambang tersebut pada perisai Burung Garuda | |||
| 18.   Dapat enggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar | Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang   Tua, akan kebiasaan putera/ puterinya di rumah dalam menggunakan Bahasa   Indonesia | |||
| 19.   Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang   diperoleh dari usahanya sendiri | a.       Memiliki Buku   Tabungan Individu maupun Regu b.      Dapat   menjelaskan fungsi menabung        | |||
| INTELEK- TUAL | Mampu Menganalisis   situasi dan menyikapi nya   serta mengaplika sikan   iptek, dan keterampilan   kepramuka an   secara kreatif dan inovatif. | Memahami   pentingnya perkembangan   iptek, dan ketrampilan kepramukaan | 20. Dapat menyebut-kan   dan menjelas-kan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern | Dapat menyebutkan peralatan yang masuk   kategori teknologi modern dan manfaatnya contoh Komputer dan telpon seluler | 
| 21.   Dapat mengenal dan memilah sampah | a.      Dapat memilah   golongan sampah basah dan kering b.      Dapat   menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga c.      Dapat   menyebutkan sampah organik mudah busuk d.      Dapat   menyebutkan sampah anorganik tidak mudah busuk | |||
| 22.   Dapat menjelaskan teknik penjernihan air | a.       Dapat   menyebutkan 3 macam jenis penjernihan air b.      Dapat   menyebutkan minimal 5 Teknik Penyaringan air | |||
| 23.   Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul   tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta   menyambung dua tongkat | a.       Dapat membuat   simpul-simpul b.      Dapat mengikat   3 (tiga) batang tongkat pramuka menjadi satu bagian c.       Dapat   menyambung 2 (dua) utas tali sesuai dengan fungsi dan gunanya d.      Dapat   menjelaskan fungsi dari masing-masing simpul e.      Dapat   menyebutkan jumlah ikatan yang diketahui | |||
| 24.   Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar | a.    Dapat menyebut   16 arah mata angin dan besaran derajatnya dengan kompas b.  Tahu dan dapat   menyebut jenis-jenis kompas c.    Dapat   menjelaskan alasan Jarum magnet kompas selalu ke arah Utara d.  Dapat melakukan   kegiat-an menaksir tinggi pohon dan    lebar sungai e.  Dapat   menunjukkan arah mata angin tanpa menggunakan kompas | |||
| 25.   Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore | a.    Dapat   menyebutkan macam-macam sandi b.  Dapat   menunjukkan perbedaan bendera semaphore dan Morse c.    Tahu ukuran   bendera sempahore dan morse d.  Dapat   menunjukkan sikapyang benar ketika engirim dan menerima berita | |||
| FISIK | Mampu Menjelaskan perbedaan   antara per- tumbuhan   dan perkembangan   tubuh (fisik dan psikis), termasuk kesehatan lingkungan. | Memiliki   pengetahuan membentuk   tubuh yang kuat, menjaga kesehatan pribadi dan lingkungannya   serta menge-tahui erubahan yang   terjadi pada perkem- bangan fisik maupun   psikisnya. | 26.   Selalu berpakaian rapih, memelihara, kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan-nya. | a.      Selalu   menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan   peraturannya b.      Pernah   memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya c.      Selalu menjaga   ebersihan dan kesehatan diri | 
| 27.   Dapat baris-berbaris | a.        Dapat melakukan   gerakan aba-aba ditempat dengan baik dan benar: siap,  istirahat ditempat, hadap kanan, d)hadap   kiri, balik kanan,  lencang depan,   lencang kanan. b.       Dapat melakukan   perintah aba-aba maju jalan, berhenti, Dll c.        Dapat melakukan   baris- berbaris dengan membawa tongkat | |||
| 28.   Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang   olah raga, salah satunya olahraga Renang | a.      Dapat   menyebutkan pembagian macam/jenis olah raga b.     Dapat   menyebutkan cabang olahraga modern | |||
| 9.   Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh | Mengenal ciri-ciri   dasar fisik, seperti: a.   Bentuk  badan ; b. Bentuk   muka c. Ukuran tubuh ; d.   ben-tuk kaki Sikap membuka diri terhadap satu sama   lain merupakan sikap : a. Si-kap eksklusif ; b. Sikap terbuka c. Sikap   optimis ; d. Sikap inklusif | |||
| 30.   Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit | Rajin melakukan   aktifitas fisik tiap hari   sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya | 
Lihat entri/topik terkait :
Syarat Kecakapan Umum Penggalang Ramu
Cara Menguji Tanda Kecakapan Gerakan Pramuka
Sumber :
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA, No: 199 TAHUN 2011 TENTANG PANDUAN PENYELESAIAN SYARAT KECAKAPAN UMUM
Syarat Kecakapan Umum Penggalang Ramu
Cara Menguji Tanda Kecakapan Gerakan Pramuka
Sumber :
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA, No: 199 TAHUN 2011 TENTANG PANDUAN PENYELESAIAN SYARAT KECAKAPAN UMUM

 
No comments:
Post a Comment