Jenis
Mencari Jejak
Peserta
Pramuka Penggalang atau Penegak
Tujuan
- Meningkatkan pengenalan serta didik terhadap lingkungan
- Menanamkan kecintaan pada lingkungan
- Meningkatkan sikap gotong royong, kerjasama, kebersamaan dan kekompakan
- Mengembangkan kompetensi di bidang pengetahuan, sikap dan ketrampilan hidup di alam bebas dengan penuh tanggungjawab.
- Meningkatkan kebugaran jasmani, kegembiraan, kerjasama dan sikap positip.
- Menumbuhkan rasa senang para peserta didik terhadap kegiatan kepramukaan umumnya kegiatan di alam bebas/ruang terbuka
Waktu & Jarak Pelaksanaan
Durasi perjalanan 2 - 3 jam, jarak perjalanan kurang lebih 3 Km
Medan & Tanda Jejak
- Medan perjalanan pastikan tepat sebagai media melatih ketelitiaan dan kepekaan pandangan mata (melihat), ketelitiaan dan kepekaan rasa (meraba), kepekaan dan ktelitiaan analisis (pikiran/otak), kepakaan dan ketelitian menjalin kerjasama (sosial) dan kepekaan dan ketelitian melaksanakaan ketrampilan (kinetis)
- Dalam perjalanan peserta harus mengikuti petunjuk tanda-tanda. Tanda jejak diletakkan secara tersembunyi, oleh sebab itu peserta harus mencari agar tindak kehilangan jejak.
- Setelah menemukan tanda jejak peserta juga harus memecahkan persoalan yang diberikan untuk dijawab dan sebagai panduan menuju tanda jejak berikutnya.
- Setiap tanda dan jejak yang ditemukan harus bisa "berbicara/menginformasikan " apa maksudnya, bagaimana hubungannya, apa tindakan berikutnya dan mengapa kesimpulannya demikian.
- Pastikan perjalanan hanya bisa dilanjutkan oleh peserta dengan tepat dan benar jika mampu menyelesaikan tugas yang diberikan pada tiap pos dengan benar.
- Medan perjalanan dirancang yang beragam, cukup berat dan lambat dengan tanda-tanda jejak yang dipersiapkan cukup banyak dan bervariasi.
- Sebagai referensi untuk jarak 3 km, berikan kira-kira 30 tanda-tanda jejak untuk dicari dan diikuti oleh kurang lebih 5 regu dengan jumlah anggota regu 5 - 8 orang.
- Sebagai referensi lihat entri/tema tanda jejak di : http://sejarahpramukalengkap.blogspot.com/2012/11/tanda-tanda-jejak.html
- Susun daftar perlengkapan regu dan perlengkapan pribadi yang diperobolehkan dibawa. Perlengkapan harus ringkas, tepat guna dan tidak merepotkan di perjalanan.
- Persiapkan rute perjalanan dengan baik, siapkan jenis-jenis tanda jejak dan penugasan di tiap pos yang bervariasi dan menantang.
- Survey rute yang ditetapkan, amati dan catat dengan baik rute perjalanan dengan mengutamakan keselamatan peserta. Catat titik-titik perjalanan yang rawan yang akan dilewati peserta dan susun standar pengamatan dan pengamanannya.
- Susun tata terbit dengan sederhana, mudah dipahami dan berdasar kondisi lapangan
- Siapkan kotak obat standar PPPK.
- Siapkan saran dan prasarana pendukung dengan baik.
Persiapan Materi Kegiatan
- Siapkan materi permainan/pertanyaan di tiap pos baik yang bersumber dari "traditional scouting skill" seperti menaksir, panorama, kim (meraba), sandi maupun dari "modern scoutings skill" seperti permainan & kuis : bidang sciens, lingkungan hidup, kesehatan, kepemimpinan, dll.
- Susunlah skenario kegiatan dalam bentuk cerita, yang didalamnya menggambarkan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh para peserta, dalam rangka apa mereka melakukan tugas dan untuk apa tugas itu dilakukan.
- Berilah skenario dengan judul-judul yang menarik, asosiatif, motivatif dan menumbuhkan semangat, misalnya :Membebaskan Kawan yang Ditawan Musuh, Meraih Kemenangan dalam Pertempuran, Menuju Kemenangan dengan Kerja Keras, dsb.
Pelaksanaan
- Sebelum diberangkatkan hendaknya peserta dibrifing secara detail, tekankan aspek keselamatan, cara menghadapi bahayas, prosedur meminta pertolongan, prosedur PPPK, dll.
- Berangkan setiap regu secara bergiliran dengan interval (jarak waktu) antara regu 15 menit.
- Pesankan agar tanda-tanda atau jejak tidak dirusak, dipindah, diubah/diganti oleh regu manapun/sebab cara itu bukan cara ksatria mengalahkan lawan, tetapi cara licik.
- Regu harus berkumpul dititik pemberangkatan pada waktu yang ditentukan, selesai atau tidak selesai menyelesaikan tugas.
- Regu yang dapat menemukan tanda/jejak (serta memecahkan persoalannya dengan benar), mendekati jumlah yang disiapkan dan dapat mengikuti dalam waktu relatif pendek, itu yang menang.
Akhir Kegiatan
- Setelah semua peserta didik kembali atau sampai di tempat semula di sekolah/gudep, semua diminta mengumpulkan tugas-tugasnya.
- Kakak Pembina memberikan penilian, sementara itu Pb Pembina mengumpulkan para peserta dan masing-masing regu diberi kesempatan untuk menyampaikana kesan dan pesannya.
- Hasil penilaian diumumkan dan regu juara diberi hadiah.
- Kakak Pembina memberikan kesimpulan tentang apa saja manfaat dan nilai-nilai yang bisa dipetik dari perjalanan ini, misalnya : nilai kebersamaan, ketelitian, kesabaran, kekompakan, lingkungan hidup, kesehatan, dll.
Evaluasi
- Kakak Pembina beserta Pb Pembina hendaknya melakukan evaluasi di akhir kegiatan untuk pengembangan-pengembangan kegiatan di masa datang, termasuk memperhatikan kritik, saran dan masukan dari para peserta.
- Acara ini juga bisa dikaitan untuk ujian TKU Siaga sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
Salam Pramuka. Selamat Mengembara.
Lihat entry/topik terkait :
- Hiking : Pengembaraan/Penjelajahan Alam Bebas
- Hiking : Mengikuti petunjuk tanda-tanda,
- Hiking : Lintas daerah,
- Hiking : Mengenal Daerah Sendiri
- Hiking : Perjalanan spiritual,
- Hiking : Penjelajahan masyarakat,
- Hiking : Perjalanan penyelidikan,
- Hiking : Pengembaraan dengan sepeda, perahu,kuda, dengan cara beranting,
- Hiking : Penjelajahan mempertahankan hidup.
- Tanda-tanda Jejak
Sumber :
- Idik Sulaeman "Hiking, Petualangan Praktis Bagi Siapapun Yang Akan Melakukannya", Penerbit Aku Suka, Bandung, 2005.
- Sumber-sumber lain yang relevan
No comments:
Post a Comment