Friday, 18 October 2013

Permainan Pramuka Berkebutuhan Khusus : Mengenal Tempat Pelayanan Umum




NAMA PERMAINAN
MENGENAL TEMPAT PELAYANAN UMUM

KATEGORI
Permainan untuk Pramuka Tuna Daksa

TUJUANPermainan ini bertujuan untuk mengenalkan tempat-tempat pelayanan umum dan fungsinya.

SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu:
  • Menyebutkan tempat-tempat pelayanan umum
  • Menyebutkan fungsi tempat-tempat pelayanan umum
  • Melakukan koordinasi mata dan anggota gerak.

METODE
Permainan, Tanya Jawab

PESERTA
Pramuka Penggalang dan Penegak

WAKTU
45 menit, dengan rincian :
  • 15 menit Pengantar dan briefing
  • 25 menit Proses
  •   5 menit Debriefing
TEMPAT
Di luar - di dalam ruangan.

PERALATAN
  • Bola
  • Kertas untuk menuliskan nama tempat pelayanan umum, dipasang di dada peserta
  • Alat tulis
PELAKSANAAN

Pengantar dan briefing (15 menit)
  • Pembina mengumpulkan peserta membentuk lingkaran.
  • Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berdoa.
  • Pembina mengajak peserta melakukan tepuk Pramuka.
  • Pembina menjelaskan tentang macam-macam tempat pelayanan umum dan fungsinya.
  • Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut: (1)    Setiap peserta harus mengganti namanya dengan nama tempat pelayanan umum yang dipilihnya sendiri dan menuliskannya dikertas, misalnya Posyandu, Rumah Sakit dll. Diharapkan nama tidak boleh sama. (2)    Setiap kali pembina melemparkan bola ke arah peserta, maka peserta harus menangkap bola, lalu menyebutkan nama barunya (tempat pelayanan umum pilihannya) dan fungsinya. Permainan dilakukan sampai semua peserta mendapatkan giliran. (3)    Peserta yang tidak dapat menangkap bola atau lupa nama barunya akan melakukan atraksi.
Proses (25 menit)
  • Pembina meminta seluruh peserta bersiap di tempat dan memulai permainan.
  • Peserta melakukan permainan sesuai aturan selama 25 menit.
  • Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya kesalahan dalam permainan.
  • Setelah permainan selesai, pembina mengumpulkan seluruh peserta dan mengevaluasi proses permainan.
Debriefing (5 menit)
  • Pembina menanyakan perasaan peserta setelah mengikuti permainan. 
  • Pembina menanyakan manfaat permainan yang dilaksanakan dan memotivasi peserta untuk mencari tahu tempat-tempat pelayanan umum yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing, dan mau memberikan informasi kepada orang lain. Pembina menutup kegiatan dengan bernyanyi dan dilanjutkan berdoa bersama.
PENILAIAN
  • Ukuran : Proses permainan mencakup ranah emosional, sosial, intelektual, dan aktivitas fisik yang menitikberatkan pada pengembangan intelektual dan kemampuan fisik.
  • Cara : Mengamati proses permainan serta dapat menyebutkan macam-macam tempat pelayanan umum dan fungsinya.

CATATAN
  • Pembina dapat menggunakan model permainan ini untuk menjelaskan materi-materi lain dalam SKU.
  • Model permainan ini dapat digunakan untuk permainan Siaga dengan menyesuaikan materi.


Selamat Memandu. Salam Pramuka


Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2011







No comments:

Post a Comment