NAMA PERMAINAN
PESAWATKU
KATEGORI
Permainan Pramuka Tuna Daksa
TUJUAN
Permainan ini bertujuan untuk menghafalkan butir-butir Pancasila.
SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu :
- Menyebutkan isi dan lambang tiap sila dari Pancasila
- Melakukan koordinasi jari dan mata dengan kegiatan melipat
Permainan, tanya jawab
PESERTA
Pramuka Penggalang
WAKTU
45 menit, dengan rincian :
- 10 menit Pengantar dan briefing
- 25 menit Proses
- 10 menit Debriefing
Di luar – di dalam ruangan
PERALATAN
- Kertas ukuran buku tulis sejumlah peserta
- Alat tulis
- Papan tulis/dinding/batang pohon
- Solasi/lem/paku payung/alat perekat lainnya
- Bendera permainan sebagai tanda kelompok
Pengantar dan briefing (10 menit)
- Pembina mengumpulkan peserta dan membentuk setengah lingkaran.
- Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berdoa.
- Pembina mengajak peserta melakukan tepuk Pramuka danmenyanyikan satu lagu Pramuka.
- Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut: (1) Peserta membentuk lingkaran besar dan menghitung urut dari 1-5, lalu membentuk kelompok terdiri dari 5 orang. (2) Peserta menuliskan angka 1 – 5 sesuai nomor masing-masing pada kertas. Nomor tersebut melambangkan butir sila dari Pancasila. (3) Peserta dengan panduan Pembina melipat kertas membentuk pesawat yang akan dilemparkan/diterbangkan kearah peserta di depannya. (4) Peserta di depannya kemudian berusaha menangkap pesawat yang terbang ke arahnya. (5) Pesawat yang ditangkap dibuka dan dibaca nomor yang tertulis di dalamnya. Peserta rnenyebutkan isi sila Pancasila sesuai nomor yang tertulis di pesawat. (6) Peserta yang sudah menyebutkan isi sila Pancasila dengan benar harus memasang pesawat kertasnya pada papan tulis/dinding/batang pohon sesuai tanda kelompok masing-masing yang ditentukan Pembina. (7) Pemenang permainan adalah kelompok yang paling cepat dan sedikit melakukan kesalahan.
- Pembina meminta kelompok peserta siap ditempat dan memberi aba-aba tanda permainan dimulai.
- Peserta menulis nomor di kertas dan melipat kertas membentuk pesawat.
- Peserta berusaha menangkap satu pesawat. Bila terdapat beberapa pesawat pada salah satu Peserta, maka peserta tersebut harus melemparkan pesawat-pesawat itu ke peserta lain yang belum mendapatkan pesawat.
- Peserta melakukan permainan sesuai aturan selama 25 menit.
- Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya kesalahan dalam permainan.
- Setelah permainan selesai, pembina mengumpulkan peserta untuk mengumumkan pemenangnya.
- Pembina menanyakan perasaan setelah peserta mengikuti permainan.
- Pembina menanakan manfaat permainan yang dilaksanakan.
- Pembina menutup kegiatan dengan bernyanyi lagu Mars Pancasila dan berdoa bersama.
- Ukuran : Proses permainan mencakup ranah emosional, sosial, intelektual, dan aktivitas fisik yang menitikberatkan pada ranah intelektual dan fisik.
- Cara : Mengamati proses dan mengajukan beberapa pertanyaan tentang bunyi sila dan lambang masing-masing sila dari Pancasila.
Selamat Memandu. Salam Pramuka
Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2011
No comments:
Post a Comment